Perkiraan Biaya Umroh 2020 untuk Standar Pelayanan Minimal

Perkiraan Biaya Umroh 2020 untuk Standar Pelayanan Minimal. Setiap umat Islam pasti ingin menjalankan ibadah ke tanah suci, baik umroh maupun haji. Umroh menjadi ibadah yang biasanya dilakukan jika belum mampu menunaikan haji. Waktu pelaksanaan umroh lebih fleksibel sehingga bisa dilakukan kapan pun sesuai keinginan. Umroh biayanya juga lebih murah sehingga lebih mudah dijangkau.

Persiapan menjelang umroh pasti dimulai dari mencari tahu biayanya. Biaya yang ditetapkan akan berbeda tergantung agen perjalanan dan paket perjalanan yang dipilih. Pilihan paket perjalanan juga berbeda dari segi waktu serta tempat lain yang dikunjungi. Misalnya saja paket umroh sekaligus liburan ke Dubai tentu biayanya akan lebih besar. Total waktu perjalanan yang ditempuh juga pasti lebih lama.

Biaya umroh di setiap agen perjalanan umroh bisa berbeda. Namun sudah ada aturan terkait hal tersebut yang ditetapkan oleh pemerintah melalui Kementerian Agama dalam Keputusan Menteri Agama No 221 Tahun 2018 Tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Umrah Referensi (BPIU Referensi) yaitu sebesar Rp20.000.000 per orang. Biaya dengan jumlah tersebut sudah tergolong standar pelayanan minimal dengan beberapa fasilitas penting yang dibutuhkan.

Fasilitas standar yang wajib diberika kepada jamaah umroh adalah berupa makan 3x dalam satu hari, pendamping jamaah, tiket pesawat pulang pergi dan transit, serta penginapan hotel bintang 3. Fasilitas lain meliputi transportasi darat selama beribadah, pembimbing ibadah serta asuransi jiwa, kesehatan dan kecelakaan. Biaya tersebut juga sudah termasuk pengurusan dokumen perjalanan seperti terutama visa dan passport. Dengan kata lain, biaya standar yang ditetapkan pemerintah sudah mencakup semua kebutuhan mulai dari tanah air hingga kembali lagi.

Biaya umroh minimal yang ditetapkan pemerintah tersebut berguna sebagai pedoman untuk melakukan monitor terhadap paket umroh yang ditawarkan agen perjalanan ke masyarakat. Sehingga harga yang umumnya dipasang oleh para agen perjalanan umroh tidak akan jauh berbeda dengan biaya standar minimal. Fasilitas yang ditawarkan juga kurang lebih menyerupai fasilitas standar yang ditetapkan.

Keputusan Menteri Agama yang telah disebutkan di atas hanya mengatur tentang standar pelayanan minimal untuk ibadah umroh, bukan biaya minimal. Tidak heran jika masih ada agen perjalanan umroh yang menawarkan harga di bawah Rp20.000.000. Harga yang lebih rendah itu memang tidak salah. Namun pihak penyelenggara perjalanan umroh alias agen travel wajb melaporkan rincian biaya yang ditetapkannya secara tertulis kepada Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Itulah perkiraan biaya umroh dengan standar pelayanan minimal menurut aturan pemerintah melalui Kementerian Agama. Bagi Anda yang merencanakan ibadah umroh dalam waktu dekat disarankan mencari tahu tentang informasi terkait. Tujuannya tidak lain adalah untuk menghindarkan diri dari penipuan agen perjalanan umroh seperti yang selama ini sering terjadi. Tentu Anda tidak ingin bukan niat mulia untuk beribadah harus terganggu akibat ulah agen perjalanan penipu?

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>